Dalam sepekan ini ada beberapa kejadian yang menjadi perhatian saya dikantor . yaitu adanya seorang ikhwan/laki-laki dan seorang Akhwat/perempuan yang sering jalan bareng dengan berboncengan pakai motor,

namun yang menjadi perhatian saya adalah karena Pihak dari ikhwannya selain sudah berkeluarga juga dia memahami bahwa etika pergaulan dengan nonmuhrim itu harus ada jarak/hijab..kemudian yang akhwatnya ini belum berkeluarga dan masih kuliah namun dia belum sepenuhnya memahami akan pentingnya jarak/hijab antara ikhwan dan akhwat,

kemudian masalah berikutnya adalah hal ini dapat menyebabkan ketidakharmonisan dalam keluarga sang Ikhwan tersebut..karena sampai-sampai istrinya itu mau minta cerai,..saya mendengar hal itu terkejut dan kaget. Tapi anehnya mengapa sang Ikhwan ini setelah di kasih nasehat tidak mau juga berubah..hal yang sama juga dilakukan oleh sang Akhwat..tapi pernah dalam sepekan itu mereka tidak jalan bareng baik setelah pulang bekerja ataupun dalam contek pekerjaan..

Salah satu alasan sang Ikhwan ini kalau setiap ditanya selalu menjawab..ya saya menganggapnya sebagai adik.jadi ya tidak ada perasaan apapun ( dalam hatisaya ).

Ibnul Qayyim mengatakan tentang asal- usul dosa besar. Yang pertama disebut dengan dosa binatang ternak. Mari kita perhatikan perilaku binatang ternak seperti ayam,kambing, juga sapi dan kuda. apa dosa mereka, apa kerja mereka setiap hari? setiap hari kerja mereka dari makan ke pelampiasan syahwat dan begitu seterusnya, sebagian besar manusia terjebak akan dosa ini. Makanan dan seksual.

Kedua adalah dosa Binatang Ternak dosa seperti ini tidak banyak pelakunya, karena para pelaku dosa ini harus dilengkapi perangkat khusus yang tidak dimilki semua orang, yakni kekuasaan dan kekuatan, kemauan dan keberanian.

Ketiga adalah,Dosa setan. Menipu, memperdaya, memanipulasi. Pekerjaannya membuat makar. Dan dosa satu ini pelakunya membutuhkan kecerdasan diatas rata-rata.

Urutan keempat adalah asal -usul dosa yang paling tinggi.Namanya adalah Dosa kekuasaan para pelakunya suka memperhambah manusia lain dan senang dituhankan. Tapi Ibnul Qayyim mengatakan , jika seseorang sukses melakukan dosa pertama, biasanya dia akan terdorong melakukan dosa kedua.

Inilah adalah dosa-dosa besar membunuh adalah dosa besar.Mencuri adalah besar. Tapi didalam al Qur’an perincian dosa besar ada pada perzinahan.. Kenapa? karena perzinahan adalah dosa basic. Pembunuhan pertama yang terjadi dalam sejarah manusia adalah karena perempuan. Pembunuhan atas nama cinta yang terjadi pada Qabil dan Habil.

Salah satu pekerjaan setan yang utama adalah, membuat dosa tampak logis di depan para pelakunya. Tampak indah dan sangat manusiawi. Setiap kali seseorang melakukan dosa, selalu ada pembenaran yang mendahuluinya.

Inilah pekerjaan setan terhadap kita. Sudah ada jebakan berikutnya yang telah disiapakan namanya ‘Dosa-dosa Kecil’ Setan memperbanyak dosa -dosa kecil. Dia memang tidak berzina tapi melihat edikit bolehlah . Dan Dosa kecil bisa menjadi besar jika dilakukan secara terang-terangan.

Tergoda adalah sifat yang manusiawi yang selalu dihadapi manusia . Tapi menghadapi ketergodaan yang harus menjadi perhatian kita.Bagaimana sikap kita menghadapi ketergodaan yang datang.

Ketahuilah pusat kelemahan kita ada dimana. Yang lemah pada godaan perempuan , jangan pernah jalan sendiri. Selalu dalam jamaah dan kelompok, karena itulah salah satu kontrolnya. Gunakan orang lain untuk mengontrol diri kita. Begitu seterusnya sikap kita pada harta, tahta atau pada kategori godaan lainnya.

Insya Allah dengan beberapa hal tersebut kita akan mampu berada pada posisi stabil dalam kebaikan. Amin

Demi Hidup Lebih Baik

MQ