21 Hari Merubah Kebiasaan Anda

Punyakah anda sebuah kebiasaan yang mungkin mengganggu anda, seperti
kebiasaan menunda sesuatu, atau kebiasaan datang telat, atau kebiasaan
marah-marah. atau kebiasaan buruk lainnya.

Makna kebiasaan berasal dari kata biasa, yang mengandung arti pengulangan
atau sering melakukan. bahwa kebiasaan itu terjadi melalui pengulangan.
Sesuai dengan pernyataan tersebut, maka jika suatu perbuatan atau tingkah
laku yang dilakukan seseorang secara berulang-ulang dalam hal yang sama,
akan menjadi suatu kebiasaan.kebiasaan juga dapat disimpulkan sebagai
merupakan suatu cara bertindak yang telah dikuasai yang bersifat tahan
uji,seragam dan banyak sedikitnya otomatis. Kebiasaan biasanya terjadi tanpa
disertai kesadaran pada pihak yang memiliki kebiasaan itu.

Berat memang mengubah kebiasaan yang dilakukan dalam jangka waktu yang cukup
lama, hal yang terpenting dalam merubah kebiasaan adalah dengan mengUbah
Mindsetmu Melakukan perubahan tentu membutuhkan tindakan nyata, dan tindakan
dapat terjadi karena dorongan dari pemikiran, Sebagai manusia, kita semua
selalu dikuasai oleh keinginan primitif dan dorongan mendasar, namun inilah
yang justru mengarahkan pikiran dan perhatian kita pada tujuan yang lebih
tinggi dan lebih baik. Pemikiran menghasilkan ambisi dan pengejaran untuk
bertindak dan berubah.

Mungkin kita pernah berusaha mati-matian untuk melakukan sebuah perubahan
dalam kebiasaan buruk kita, tapi hanya berakhir dengan kegagalan. Yang
sebenarnya, keinginan kita akan berakhir tanpa harapan jika tidak diikuti
dengan dukungan dari kekuatan pikiran bawah sadar kita. Pemikiran bawah
sadar ini dapat dapat berasal dari imajinasi, tapi imajinasi juga tak dapat
dipaksakan dalam pikiran bawah sadar. Keinginan kita seharusnya tak
digunakan untuk melawan kebiasaan buruk yang ingin kita ubah. Tapi dengan
keinginan kita ini kita dapat membangkitkan dan menarik pemikiran bawah
sadar kita pada sesuatu yang lebih tinggi dan lebih baik. Yang sebenarnya,
pikiran bawah sadar kita tak peduli pada kebiasaan yang kita lakukan. Ini
hanya soal kesanggupan kita untuk melakukan kebiasaan baik sama halnya
dengan kebiasaan buruk yang telah melekat dalam diri kita. Kita lah yang
menentukan nasib kita sendiri, yakni dengan mengontrol imajinasi dan
pemikiran kita. Arahkan seluruh pikiran, dan fokus pada hal-hal baik yang
ingin Anda lakukan untuk mengubah kehidupan Anda. Biarkan pikiran bawah
sadar Anda membantu Anda membangun semua kebiasaan baik diharapkan dapat
mendorong kesuksesan.

Satu hal yang perlu anda ingat Menciptakan kebiasaan baru/merubah kebiasaan
buruk tidaklah mudah, kecuali punya alasan kuat dan berarti. Bila Anda tak
bisa mengubah kebiasaan secara spesifik,karena ‘Kebiasaan’ terjadi didalam
hidup kita dan menjadi bagian dari hidup kita. pertama-tama anda yang
membentuk kebiasaan selanjutnya dia yang akan membentuk anda. mengalahkan
kebiasaan yang sudah melekat pada kita hampir sepanjang hidup memang bukan
perkara mudah. Dan cepat atau lambat berbagai godaan akan menghalangi Anda
untuk melakukan sebuah perubahan, sesekali Anda mungkin mengalami kekalahan.
Jika itu terjadi, yang terpenting adalah jangan memberi perhatian pada
kekalahan itu. Sebaliknya, segeralah memulai kembali, dan buat catatan
tentang kegagalan Anda kali ini, yang tentu bisa dijadikan sebagai
pengalaman. Dorong diri Anda kembali untuk mencapai apa yang Anda ingin
raih. Jika Anda bersedia untuk terus gigih dan kegigihan itu akan jadi
sebuah kebiasaan.

Ya Hanya dengan disiplin untuk membiasakan kembali kebiasaan yang
bertentangan dengan kebiasaan telah biasa kita lakukan , kita dapat merubah
kebiasaan kita yang kita ingin rubah, dan kita dapat maju ketahapan
kesadaran yang lebih tinggi. ya untun membuat sesuatu menjadi suatu
kebiasaan kita (bukan kegiatan sesaat) maka Anda perlu melakukan tiga
langkah. Pertama, Jangan tunda, lakukan saat ini juga. Bila Anda menunda
suatu kegiatan maka semakin hari tumpukan kebiasaan yang akan Anda ciptakan
akan semakin banyak dan itu bisa membuat frustasi. Lebih baik lakukan
sedikit demi sedikit namun konsiten dari pada menunda dan kemudian kegiatan
itu kita lakukan borongan maksudnya adalah fokuskan pada satu kegiatan yang
akan Anda jadikan kebiasaan. Jangan buru-buru. oleh karena itu Hati-hati
apabila anda melakukan suatu kegiatan dengan intensitas yang berulang ulang.
Syukur apabila kegiatan itu adalah kegiatan yang positif dan pantas untuk
terus dilanjutkan serta dijadikan kebiasaan. Namun bila kegiatan atau
tindakan yang anda lakukan secara berulang ulang adalah suatu kebiasaan
buruk, maka sudah saatnya untuk segera berubah.

Ada hal penting dalam membangun sebuah kebiasaan adalah dengan cara menukar
kebiasaan buruk dengan kebiasaan yang baru. Banyak orang mencoba membentuk
kebiasaan baru, tetapi gagal karena mereka tidak mengalokasikan waktu yang
dibutuhkan untuk itu. Mereka mencoba menambah sebuah kebiasaan baru ke dalam
jadwal rutin mereka yang sudah padat. Contohnya, mereka telah memulai satu
kebiasaan selama beberapa hari berturut-turut, tapi kemudian melewati satu
atau dua hari karena merasa tidak punya waktu, dan akhirnya menyerah.
Padahal, jika saja mereka mau menukar sebuah kebiasaan lama, seperti
menonton TV atau menelepon, dengan kebiasaan baru tersebut, mereka tidak
akan merasa kekurangan waktu. Dengan demikian, kesuksesan lebih mudah
diraih.

Menukar sebuah kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik sebenarnya cukup mudah,
Langkah pertama adalah memutuskan apa yang ingin Anda lakukan,Tapi hati-hati
dengan keputusan Anda! Jangan ‘menelan’ lebih dari batas kemampuan Anda.
Itulah mengapa lebih baik membangun hanya satu kebiasaan dulu dalam satu
kali.Kebiasaan anda akan bisa anda rubah dalam 21 hari, Berdasarkan
penelitian ilmiah, bila suatu hal dilakukan terus-menerus selama 21
hari,maka hal itu akan menjadi bagian dari kehidupan seseorang. Hal ini
membuat kita merasa mudah menjalankan suatu kebiasaan baru tanpa harus
merasa terpaksa. tidak percaya ayo kita coba merubah kebiasaan yang ingin
kita robah dalam 21 hari kedepan…

“Setiap orang punya kebiasaan buruk, dan umumnya mereka tahu kebiasaan buruk
macam apa itu dan apa yang perlu dilakukan untuk menghilangkannya, maka
lakukanlah.. .”

19 February 2009

Sumber :*Klik disini*